Penyebab dan Gejala Hamil Kosong Serta Kapan Harus Periksa Dokter

Penyebab Hamil Kosong

Hamil kosong atau Blighted ovum adalah kehamilan yang tidak mengandung embrio. Di Di dalam dunia medis, hamil kosong juga dikenal dengan istilah anembryonic gestation. Setengah dari seluruh kasus keguguran di trimester pertama kehamilan diperkirakan disebabkan oleh kondisi ini. Hamil kosong biasanya terjadi akibat kelainan kromosom.

Kelainan kromosom tersebut dapat disebabkan oleh pembelahan sel yang tidak sempurna serta kualitas sel telur dan sperma yang buruk. Pada kondisi hamil kosong, pembuahan (pertemuan sel telur dan sel sperma) tetap terjadi, tetapi hasil pembuahan ini tidak berkembang menjadi embrio. Hamil kosong sering kali baru diketahui setelah menjalani pemerikasaan USG.

Hal tersebut dikarenakan gejala-gejala yang umum dirasakan selama kehamilan, seperti mual, muntah, hasil test pack yang positif, payudara yang terasa lebih keras, juga bisa dirasakan oleh ibu hamil yang mengalami hamil kosong.

Penyebab Hamil Kosong

Pada proses kehamilan diawali dengan terjadinya pembelahan sel telur yang telah dibuahi dalam beberapa jam setelah proses pembuahan. Kemudian, sel telur tersebut akan berkembang menjadi embrio dalam 8–10 hari dan mulai tertanam di dinding rahim. Selanjutnya, plasenta mulai terbentuk dan hormon kehamilan akan meningkat.

Pada kasus hamil kosong, sel telur yang dibuahi tidak akan berkembang menjadi embrio atau berhenti berkembang. Namun, penyebabnya belum dapat diketahui secara pasti. Tetapi, kondisi tersebut diduga terjadi akibat adanya kelainan kromosom pada sel telur yang telah dibuahi. Terdapat beberapa faktor yang dapat memengaruhi terjadinya hamil kosong  diantaranya adalah buruknya kualitas sel telur atau sperma, serta kondisi genetik.

Gejala Hamil Kosong

Hamil kosong mungkin tidak menunjukkan gejala apa pun. Tetapi, pada beberapa kasus, hamil kosong bisa ditandai dengan gejala keguguran.

Wanita yang mengalami hamilan kosong pada tahap awal umumnya akan merasa bahwa dirinya sedang hamil normal. Beragam gejala dan tanda kehamilan normal yang bisa muncul pada saat mengalami hamil kosong adalah:

  • Terlambat haid
  • Hasil tes kehamilan positif
  • Mual
  • Muntah
  • Payudara terasa nyeri dan bengkak

Selanjutnya setelah jangka waktu tertentu, pasien akan mulai merasakan gejala-gejala keguguran, seperti:

  • Flek atau perdarahan dari vagina
  • Kram dan nyeri perut
  • Volume darah yang keluar dari vagina makin banyak

Tes kehamilan terkadang masih memberikan hasil yang positif dalam kondisi ini, karena kadar hormon hCG (human chorionic gonadotropin) masih tinggi. Di mana hormone hCG adalah hormon yang meningkat saat awal kehamilan. Hormon tersebut dapat tetap ada atau meningkat kadarnya di awal kehamilan meski embrio tidak berkembang.

Gejala keguguran akibat hamil kosong biasanya muncul pada 3 bulan pertama kehamilan (trimester pertama) atau antara minggu ke-8 dan ke-13 kehamilan. Pada banyak kasus, kondisi tersebut terjadi pada masa awal kehamilan. Sehingga akibatnya, keguguran dapat terjadi sebelum penderita menyadari bahwa dirinya sedang hamil.

Kapan Seharusnya Periksa ke Dokter?

Setiap ibu yang sedang hamil dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin. Di bawah ini adalah jadwal pemeriksaan yang dianjurkan:

  • Trimester pertama yaitu minggu ke-4 hingga ke-28 : 1 bulan sekali
  • Trimester kedua yaitu minggu ke-28 hingga ke-36 : 2 minggu sekali
  • Trimester ketiga yaitu minggu ke-36 hingga ke-40 : 1 minggu sekali

Apabila Anda mengalami gejala-gejala seperti yang disebutkan di atas, maka segeralah periksa ke dokter. Pasalnya, perdarahan pada trimester pertama tidak selalu menandakan terjadinya keguguran. Tetapi, pemeriksaan tetap perlu dilakukan sehingga dokter dapat mengetahui penyebabnya dan menentukan penanganan yang tepat. Selain itu, pemeriksaan juga perlu dilakukan jika Anda pernah mengalami hamil kosong pada kehamilan sebelumnya dan ingin merencanakan kehamilan. Hal tersebut perlu dilakukan untuk menghindari berulangnya kondisi yang sama.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos-pos Terbaru

Arsip

Kategori

Tag