Cara Menjaga dan Menghitung Berat Badan Ideal Ibu Hamil

0 Comments
Cara Menjaga dan Menghitung Berat Badan Ideal Ibu Hamil

Tidak hanya dalam kondisi normal menjaga berat badan juga penting dilakukan pada masa kehamilan. Itulah kenapa bunda diwajibkan untuk memperhatikan berat badan ideal ibu hamil. Pasalnya berat badan normal dapat mempengaruhi tingkat kelancaran saat proses melahirkan nantinya.

Ada cara menjaga dan menghitung berat badan ideal bagi bunda yang sedang dalam masa kehamilan. Nah di artikel kali ini, kami akan coba bahas kedua caranya sekaligus agar bunda bisa mengoptimalkan proses melahirkan.

Cara Menjaga Berat Badan Ideal Kehamilan

Sebagai informasi, kenaikan berat badan pada masa kehamilan merupakan salah satu kondisi yang normal. Asalkan kenaikannya masih dalam batasan yang wajar. Untuk menjaganya, berikut kami telah rangkum cara-caranya di bawah ini:

Porsi Makan yang Cukup dan Ideal

Porsi makan ibu hamil harus dibedakan dengan porsi orang normal. Sebaiknya pilih porsi makan yang cukup sering, seperti 4 hingga 5 kali, namun dengan takaran yang kecil.

Porsi yang sering dengan takaran kecil, lebih baik dibandingkan porsi 3 kali sehari namun takarannya besar. Pilihan porsi yang banyak dengan takaran kecil jauh lebih bagus untuk ibu hamil.

Memilih Menu Makanan Sehat

Jangan hanya memperhatikan porsinya saja, pastikan menu yang bunda konsumsi juga merupakan jenis makanan sehat. Ada banyak sekali makanan sehat yang direkomendasikan. Misalnya seperti nasi, sereal, ikan, kacang, telur, jagung, hingga daging tanpa lemak.

Jangan lupa juga untuk memasukan buah-buahan dan juga sayuran ke dalam menu makanan sehat. Pasalnya, buah-buahan dan sayuran memiliki kandungan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Kendalikan Nafsu Makan

Ngidam saat masa kehamilan merupakan suatu hal yang wajar, dan bisa dikatakan normal. Namun selama ngidam dan nafsu makan itu wajar, maka boleh-boleh saja dituruti. Jangan lupa juga untuk memilih-milih jenis cemilan yang dikonsumsi.

Terkait cemilan, bunda bisa coba konsultasikan pada dokter kandungan. Nantinya dokter akan memberitahu apa saja cemilan yang pas di masa kehamilan agar tidak terjadi obesitas.

Rutin Berolahraga

Dewasa ini ada banyak jenis olahraga yang bisa dipilih selama masa kehamilan. Pilihlah olahraga yang dikhususkan untuk ibu hamil. Olahraga bahkan tidak hanya bagus untuk menjaga berat badan ideal saja. Aktivitas ini juga bagus untuk kesehatan dan otot.

Banyak Minum Air Putih

Air putih juga sangat bagus pada masa kehamilan. Idealnya, bunda meminum 2,5 hingga 3 liter air putih setiap hari. Manfaat dari air putih ini yaitu agar tubuh tetap terhidrasi secara optimal. Air putih juga mampu mengontrol berat badan.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Kehamilan

Tahukah bunda, saat ini ternyata ada cara yang paling mudah dan instan menghitung berat badan ideal pada masa kehamilan? Caranya adalah melalui sistem penghitungan berat badan online.

Sistem penghitungan secara online ini bisa bunda temukan langsung di Google. Jika ingin cepat, bunda bisa langsung mengunjungi website official Prenagen. Karena di website tersebut ada kalkulator penghitungan berat badan ideal pada masa kehamilan.

Cara penggunaannya mudah. Bunda bisa menghitungnya melalui tabel penghitungan online yang telah disediakan pada halaman website. Bunda tinggal mengisi informasi berikut:

  • Usia kehamilan (Minggu)
  • Tinggi Badan (cm)
  • Berat Badan Sebelum Hamil (kg)
  • Berat Badan Saat Ini (kg)

Setelah informasi yang ada pada tabel di atas bunda isi, kemudian tinggal klik tombol “Hitung” yang ada di bagian bawah. Maka akan langsung keluar hasilnya, apakah berat badan bunda dalam kondisi normal, kurang, atau obesitas.

Demikian informasi seputar cara menjaga dan menghitung berat badan ideal ibu hamil. Semoga dapat membantu menambah wawasan bunda terkait masalah kesehatan pada masa kehamilan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *