Begini Tutorial Cara Merakit PC Yang Benar

cara merakit PC

Perangkat komputer merupakan bagian terpenting dalam berbagai jenis pekerjaan mulai dari kasir swalayan, pegawai kantoran, guru, hingga berbagai pelayanan umum sudah menggunakan komputer untuk menunjang pekerjaannya.

Kebutuhan setiap orang akan perangkat yang satu ini juga berbeda – beda sehingga membuat mereka mencari tahu cara merakit PC yang sesuai dengan kebutuhan masing – masing orang. Perkembangan zaman, globalisasi, serta kebutuhan manusia akan perangkat keras yang satu ini semakin beragam menuntut para produsen menciptakan inovasi teknologi komputer yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen yang berbeda – beda tersebut. Seperti salah satunya dengan membiarkan konsumen merakit PC sendiri sesuai kebutuhannya.

Nah, bagi kamu yang belum tahu bagaimana cara merakit PC sendiri, kamu bisa simak tutorial cara merakit PC yang benar berikut ini :

  1. Langkah – Langkah Merakit PC Dari Dalam CPU
  • Langkah pertama adalah menyiapkan terlebih dahulu segala komponen yang dibutuhkan mulai dari komponen PC seperti CPU, layar monitor, dan lain sebagainya.
  • Selanjutnya menyiapkan komponen dalam CPU mulai dari motherboard, processor dan RAM sesuai dengan kebutuhan, hard disk, hingga komponen CPU lainnya. Jangan lupa siapkan pula obeng, skrup, baut, dan pasta processor.
  • Kemudian pasang processor ke motherboard namun sebelum memasangkannya kamu perlu perhatikan terlebih dahulu tanda di pojok kiri bawah processor dan socket.
  • Lanjutkan dengan memasangkan kipas processor, caranya yaitu dengan mencocokkannya ke lubang motherboard. Jika sudah terpasang kapal kipasnya sambungkan ke motherboard.
  • Setelah itu tinggal pasang RAM, pastikan kamu pilih ukuran dan jenis RAM sesuai kebutuhan serta sesuaikan dengan kemampuan processor, aga PC nanti bisa dioperasikan dengan maksimal.
  • Sekarang tinggal siapkan kerangka CPU, kemudian lanjutkan dengan cara merakit PC dibawah ini.

Langkah – Langkah Merakit PC, Pemasangan Komponen Ke CPU

  • Bongkar terlebih dahulu kerangka CPU hingga tersisa kerangka luar, lalu pasangkan I/O Shield yang didapatkan dari motherboard. Pasangkan I/O Shield di bagian belakang kerangka PC dan pastikan cocok dengan motherboard yang akan kamu gunakan.
  • Kemudian pasangkan motherboard yang telah dilengkapi processor, RAM, dan kipas. Cocokkan lubang bautnya, lalu kencangkan baut antara motherboard dengan kerangka CPU.
  • Selanjutnya memasangkan Hard Disk dengan ukuran yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan. Pastikan memasang Hard Disk-nya sesuai dengan letak kerangka PC, ada rangka yang harus dibaut namun ada pula rangka langsung dan tanpa harus dibaut lagi.
  • Lanjutkan dengan memasangkan Power Suppy di bagian luar kerangka CPU, lalu kencangkan bautnya.
  • Setelah terpasang semuanya, kamu tinggal menyambungkan kabel – kebel penting ke motherboard. Kabel penting pertama yang harus dipasang adalah Power 24-pin ATX.
  • Lanjutkan dengan memasangkan kabel Power 4-pin CPU yang berwarna kuning hitam dan pasangkan juga kabel SATA ke motherboard. Jangan lupa sambungkan juga ujung kabel SATA lainnya ke Hard Disk.
  • Setelah itu ambil kabel Power SATA lalu sambungkan ke Hard Disk. Kemudian pasangkan kipas CPU. Lanjutkan dengan menyambungkan kabel dari PPC ke motherboard sesuai dengan petunjuk.
  • Terakhir, tinggal menyambungkan kabel Front Panel ke motherboard. Pastikan saat menyambungkannya mengikuti petunjuk pemasangan di buku panduan agar lebih aman.

Merakit PC sendiri di rumah mungkin terasa sulit dan merepotkan. Meski demikian, cara merakit PC sendiri ini memiliki banyak keuntungan seperti salah satunya kamu akan menjadi lebih mudah untuk menyesuaikan PC dengan kebutuhanmu. Kamu pun bisa memilih sendiri spesifikasi komponen yang ingin digunakan. Dan masih banyak kelebihan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos-pos Terbaru

Arsip

Kategori

Tag