Bacaan Doa kamilin dan Qunut Beserta Artinya

bacaan doa kamilin

Shola merupakan ibadah yang paling utama di dalam Islam. Pasalnya, sholatlah yang akan menjadi amalan pertama yang akan dihisab nanti di akhirat. Ketika melaksanakan sholat, ada doa-doa yang bisa dibacakan, antara lain doa kamilin dan doa qunut.

Lantas, bagaimana bacaan doa kamilin dan doa qunut? Untuk lebih jelasnya yuk kita simak ulasan selengkapnya.

1. Doa Kamilin

 

Doa kamilin dibacakan setelah melaksanakan sholat tarawih. Berikut bacaan doa kamilin dan artinya :

Allahummaj’alna bil imani kamilin. Wa lil faroidlimuaddin. Wa lish-sholati hafidhin. Wa liz-zakati fa’ilin. Wa lima ‘indakatthalibin.

Wa li ‘afwika rojin. Wa bil-huda mutamassikin. Wa ‘anil laghwi mu’rudlin. Wa fid-dunya zahdin. Wa fil ‘akhirati raghibin. Wa bil-qodlo’i rodlin.

Wa lin na’ma’l syakirin. Wa ‘alal bala’i shobirin. Wa tahta liwa’i muhammadin shallallahu ‘alaihi wasallam yaumal qiyamti sa’irina wa ‘alal haudli waridin.

Wa ilal jannatin dakhilin. Wa minannarinajin. Wa’ala sariirlkaromati qo’idin. Wa bi hurun’in mutazawwijin. Wa min sundusin wa istabraqin wadibajin mutalabbisin.

Wa min tha’amil jannati akilin. Wa min labanin wa ‘asalin mushaffan syariban. Bil akwabin wa abariqa wa ka’sin min ma’in.

Ma’al ladzina an’amta ‘alaihim minannanbiyyina washshiddiqana wasysyuhada’i  wasshalihina wahasuna ula’ika rafiqan. Dalikal fadl-lu minallahi wa kafa billahi ‘alaman.

Allahummaj’alna fi hadzhihil lailatisysyahrisy syarafail mubarakah minas su’ada’il  maqbulin. Wa la taj’alna minal asyqiya’il mardudin. Wa shollallahu ‘ala sayyidina muhammadin wa’ala alihi wa shahbihi ajma’in. Birahmatika ya arhamarrahimin walhamdulillahirrabbil ‘alamin.”

Artinya : “Ya Allah, jadikanlah kami orang-orang yang sempurna imannya, yang memenuhi kewajiban-kewajiban, yang memelihara salat, yang mengeluarkan zakat, yang mencari apa yang ada sisi-Mu, yang mengharapkan ampunan-Mu, yang berpegang pada petunjuk, yang berpaling dari kebatilan, yang zuhud di dunia, yang menyenangi akhirat, yang ridho dengan qadla-Mu, yang mensyukuri nikmat, yang sabar atas segala musibah, yang berada di bawah panji-panji junjungan kami, Nabi Muhammad, pada hari kiamat, yang mengunjungi telaga Nabi, yang masuk ke dalam surga, yang selamat dari api neraka, yang duduk di atas ranjang kemuliaan, yang menikah dengan para bidadari, yang mengenakan berbagai sutra, yang makan makanan surga, yang minum susu dan madu murni dengan gelas, cangkir, dan cawan bersama oran-orang yang Engkau beri nikmat dari kalangan para nabi, shiddiqin, syuhada dan orang-orang shalih. Mereka itulah teman yang terbaik. Itulah keutamaan dari Allah, dan cukuplah bahwa Allah Maha Mengetahui.

Ya Allah, jadikanlah kami pada malam yang mulia dan diberkahi ini termasuk orang-orang yang bahagia dan diterima amalnya, dan janganlah Engkau jadikan kami tergolong orang-orang yang celaka dan ditolak amalnya. Semoga Allah mencurahkan rahmat-Nya atas junjungan kami Muhammad, serta seluruh keluarga dan sahabat beliau. Berkat rahmat-Mu, wahai Yang Paling Penyayang diantara yang penyayang. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam.”

2. Doa Qunut

 

Doa Qunut bica dibaca ketika sholat Subuh maupun witir. Berikut doa qunut dan artinya :

 

Allahummahdinii fii man hadaiit, wa aafinii fii man aafait, wa tawallanii fi man tawallaiit, wa baarik lill fiimaa a’thaiit. Wa qinii syarra maa qadhaiit. Fa innaka taqdhii wa laa yuqdhaa ‘alaik. Innahu laa yadzillu maw waalaiit.

 

Wa laa ya’izzu man ‘aadaiit. Tabaarakta rabbanaa wa ta’aalait. Fa lakal hamdu ‘alaa maa qadhaiit, Astaghfiruka wa atuubu ilaik wa shallallhu ‘ala sayyidina muhammadin nabiyyil ummuyyi wa ‘alaa aalihi wa shahbihii wa sallam.

 

Artinya : “Ya Allah, berilah aku petunjuk seperti orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah aku kesehatan seperti orang-orang yang telah Engkau beri kesehatan. Pimpinlah aku bersama orang-orang yang telah Engkau pimpin. Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau pimpin.

 

Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau berikan kepadaku. Dan perliharalah aku dari kejahatan yang Engkau pastikan. Karena sesungguhnya Engkau-lah yang menentukan dan tidak ada yang menghukum (menentukan) atas Engkau. Sesungguhnya tidaklah akan hina orang-orang yang telah Engkau beri kekuasaan.

 

Dan tidaklah akan mulia orang yang Engkau musuhi. Maha Berkahlah Engkau dan Maha Luhurlah Engkau. Segala puji bagi-Mu atas yang telah Engkau pastikan. Aku mohon ampun dan tobat kepada Engkau. Semoga Allah memberi rahmat dan salam atas junjungan kami Nabi Muhammad shollallahu ‘alaihi wa sallam beserta seluruh keluarganya dan sahabatnya.”

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos-pos Terbaru

Arsip

Kategori

Tag