7 Cara Mudah Mengetahui Nomor KPJ BPJS Ketenagakerjaan Yang Lupa

kpj adalah

KPJ adalah singkatan dari Kartu Peserta Jamsostek. KPJ adalah program BPJS Ketenagakerjaan yang memberikan layanan perlindungan jaminan sosial bagi para tenaga kerja Indonesia, baik pekerja formal atau informal.

BPJS Ketenagakerjaan sendiri terbagi menjadi empat program yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT), serta Jaminan Pensiun (JP). Lantas, bagaimana cara mengetahui nomor KPJ BPJS Ketenagakerjaan jika lupa? Berikut beberapa cara yang bisa kamu coba dengan mudah.

Online Via Website

  • Mengunjungi laman BPJS Ketenagakerjaan dengan alamat sso.bpjsketenagakerjaan.go.id.
  • Lalu, masukkan email dan password.
  • Selanjutnya melakukan verifikasi. Lakukan verifikasi dengan mengikuti seluruh instruksi yang ditampilkan, lalu klik “Saya bukan robot”.
  • Kemudian klik login dan pilih “Cek kartu digital”.
  • Silahkan pilih menu “Cek kartu digital”, dan nomor KPJ bisa dilihat di kartu digital tersebut.
  • Dan selesai.

Via Call Center

Cara mengetahui nomor KPJ BPJS Ketenagakerjaan selanjutnya adalah dengan menghubungi Call Center BPJS Ketenagakerjaan 175. Setelah customer service menjawab telepon, silahkan sampaikan maksud dan tujuan kamu menghubunginya yaitu ingin mengetahui nomor KPJ.

Perlu kamu ingat bahwa jam operasional BPJS Ketenagakerjaan dimulai dari pukul 6 pagi hingga 10 malam.

Menghubungi Kantor Cabang

Cara mengetahui nomor KPJ BPJS Ketenagakerjaan yang lupa berikutnya adalah dengan menghubungi langsung nomor kantor cabang terdekat. Kamu bisa langsung datang ke kantor cabang terdekat atau menghubunginya melalui nomor telepon.

Kamu bisa melihat nomor telepon kantor cabang melalui situs resmi BPJS Ketenagakerjaan di bpjsketenagakerjaan.go.id pada menu disebelah pojok kanan atas pilih Kontak. Silahkan cari nomor kantor cabang yang ingin dihubungi atau bisa juga dengan memasukkan daerah kamu dan melihat informasi dari kantor cabang di daerah kamu.

Bertanya Langsung Kepada HRD

Cara mengetahui nomor KPJ BPJS Ketenagakerjaan selanjutnya yang mudah adalah dengan bertanya langsung pada HRD di perusahaan tempat kamu bekerja. HRD perusahaan tentunya memiliki database para karyawan yang berisikan tentang segala informasi pribadi, termasuk juga nomor KPJ BPJS Ketenagakerjaan.

Kamu bisa tanyakan pada pihak yang biasanya mengurus BPJS Ketenagakerjaan di tempat kamu bekerja. Dan jangan lupa untuk memberikan alasan kenapa kamu membutuhkan nomor KPJ tersebut.

Via Aplikasi BPJSTKU

Cara mengetahui nomor KPJ yang mudah juga bisa dilakukan melalui aplikasi BPJSTKU. Setelah mengunduh aplikasi tersebut dan melakukan registrasi, kamu bisa langsung cek nomor KPJ BPJS Ketenagakerjaan kamu. Berikut langkah – langkahnya :

  • Buka aplikasi, lalu login dengan menggunakan alamat email dan kata sandi yang sudah terdaftar sebelumnya.
  • Setelah berhasil login, silahkan pilih menu kartu digital.
  • Lalu tunggu sampai muncul kartu digital peserta berupa 11 digit angka.
  • Setelah itu, akan muncul informasi mengenai kartu nomor BPJSTKU dan juga nomor referensi.

Via Media Sosial

Kamu juga bisa mengetahui nomor KPJ BPJS Ketenagakerjaan dengan menghubungi admin BPJS Ketenagakerjaan di media sosial yakni Facebook, Instagram, dan Twitter. Kamu bisa tanyakan nomor KPJ BPJS Ketenagakerjaan kamu dengan menghubungi salah satu media sosial tersebut.

Via Email

Cara mudah mengetahui nomor KPJ BPJS Ketenagakerjaan yang terakhir adalah dengan melalui email di alamat [email protected] Lalu, tuliskan maksud dan tujuan kamu melalui email yaitu ingin mengetahui nomor KPJ BPJS Ketenagakerjaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *